badminton-0002.gif from 123gifs.eu

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Kamera Bekas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kamera second :

1. Kondisi Kelengkapan
Kelengkapan seperti buku manual, kabel data, CD drives, kartu garansi resmi, plastik kemasan perlu diperhatikan ada atau tidaknya.
2. Kondisi Kamera
Pengecekan badan kamera diperlukan untuk melihat apakah ada yang lecet, tergores dan lain sebagainya pada badan kamera, juga dilihat apakah baut ada yang bekas dibuka atau tidak. Kemudian cek juga menu - menu pada kamera, apakah berfungsi dengan benar atau tidak. Pengecekan selanjutnya pada kamera antara lain pada sensor kamera, apakah sensor tersebut berdebu, atau bahkan tergores. Dapat langsung dilihat pada sensor kamera atau dapat juga dilihat dengan cara mem-foto langit cerah atau kertas putih dengan difragma pada settingan f/22 ke atas. Jika ada kotoran pada sensor kamera maka akan terlihat bercak - bercak pada hasil foto.
3. Kondisi Lensa
Pengecekan badan lensa sangat diperlukan untuk melihat ada atau tidaknya bagian yang lecet, tergores, fog dan jamur.
4. Kondisi Titik Focus
Pemriksaan titik focus dapat dilakukan dengan cara mengambil beberapa foto dengan focus yang berbeda. Setelah itu, hasil foto tersebut di perbesar (zoom) dan lihatlah apakah focus yang diambil pada saat pengambilan foto tepat pada sasaran.
5. Periksa Umur Shutter
Umur shutter itu berpengaruh pada umur ekonomis suatu kamera, jika sering dipakai otomatis umur ekonomis kamera itu lebih pendek. Memang shutter count adalah perkiraan dari pabrikan, tetapi akan lebih bijak jika memilih shutter count yang masih sedikit. Untuk pengecekannya bisa dibawa ke service center pabrikan agar lebih akurat. Untuk kamera Nikon dapat dilakukan langsung pada body kamera (kebetulan saya pakai Canon, sehingga saya kurang tahu bagaimana mengecek pada produk Nikon)
6. Periksa Garansi Kamera dan Lensa
Salah satu hal yang penting, harap diperiksa garansi kamera dan lensa, akan lebih baik jika masih bergaransi resmi. Jika tidak, carilah produk yang ex-garansi, jangan pernah membeli produk yang garansi international, apalgi produk yang tidak bergaransi sama sekali. (kutip)

0 komentar:

 

............ Copyright © 2010 | Designed by: Compartidisimo